Lini belakang Persebaya Surabaya beruntung sempat diperkuat oleh legiun asing asal Brazil bernama Justino Pinheiro da Silva di musim 1996/97. Diketahui bahwa kedatangan Justino ke Indonesia ternyata diajak oleh kompatriotnya Jacksen F. Tiago.

Kemampuan pemain bernomor punggung enam belas ini komplet. Piawai dan lugas dalam bertahan serta mampu mencetak gol disaat dibutuhkan. Dalam formasi paten 3-5-2 ketika itu, nama Justino selalu hadir di lini belakang Green Force bersama-sama dengan Bejo Sugiantoro dan Khairil Anwar Ohorella/Mursyid Effendi.

Semusim bersama Tim Bajul Ijo, Justino mencetak empat gol dan ikut berkontribusi aktif menyumbangkan gelar juara Liga Kansas 1996/97.

Dan hari ini (25 Juli), pada tanggal 23 tahun silam, Justino mencetak gol penentu lolosnya Persebaya Surabaya ke partai final Liga Kansas 1996/97 setelah menumbangkan seteru klasik, PSM Makassar dengan skor 3-2.

Diketahui bahwa Justino Pinheiro da Silva telah meninggal dunia beberapa tahun yang lalu di Brazil. Semoga arwahnya diterima disisi-Nya.(dpp)