Nugroho Mardiyanto adalah salah satu pesepakbola hasil dari kompetisi internal Persebaya Surabaya. Arek Ngelom kelahiran 15 Maret 1984 adalah alumnus klub internal PS Suryanaga.

Tahun 2002 namanya masuk kedalam skuat Persebaya Jr. dan tahun 2003 terpilih memperkuat Surabaya Muda. Puncaknya di tahun 2004, namanya dipilih oleh Jacksen F. Tiago untuk mengisi skuat juara Persebaya. Kendati waktu itu statusnya masih sebagai pemain magang.

Debutnya bersama tim senior baru dimulai di Liga Djarum XI 2005 dengan memakai kostum bernomor punggung 25. Mentornya di lini belakang ketika itu saat banyak. Mulai dari Nova Arianto, Bejo Sugiantoro hingga Mursyid Effendi. Alhasil penampilannya di lini belakang menjadi lugas dan tanpa kompromi dalam menghadapi pemain-pemain lawan. Tackling keras menjadi salah satu atribut andalannya.

Mantan atlit Pencak Silat di kala masih di bangku SMA ini bertahan di Surabaya hingga usainya kompetisi Indonesia Super League 2009/10.

Kini pasca gantung sepatu, Cak Nug-panggilan akrabnya-, menekuni bidang kepelatihan. Sehat selalu dan sukses sebagai pelatih Cak Nug!! (dpp)