Plamen Illiev Kazakov adalah pemain tengah asal Bulgaria yang mempunyai kemampuan mencetak gol serta memiliki visi yang luas di atas lapangan hijau. Mantan pemain Spartak Varna (Bulgaria) ini menjadi salah satu (dari tiga) pemain asing pertama yang didatangkan oleh Persebaya Surabaya jelang bergulirnya Liga Dunhill II 1995/96.

Dibawah asuhan pelatih kepala Alexandre Dimitrov “Sasho” Kostov yang juga berasal dari Bulgaria, Plamen menjadi motor serangan Tim Bajul Ijo ketika itu. Ketika dua rekannya dicoret (Nadoveza Branko dan Dejan Antonic) ditengah musim, Plamen masih mampu bertahan hingga akhir musim dan menyumbangkan tiga asis serta empat belas gol. Sebuah catatan gol yang membawa pria bertinggi 184 cm ini menjadi salah satu pemain asing tersubur Persebaya Surabaya.

Gaya permainan pemain kelahiran 26 Juni 1962 ini mengingatkan saya kepada pemain berdarah Aljazair-Prancis, Zinedine Yazid Zidane yang pada periode tahun 1995-96 mencuat bersama klub Prancis, FC Girondins de Bordeaux.

Setelah tak lagi diperpanjang kontraknya oleh Persebaya Surabaya, Plamen kembali ke Bulgaria dan segera menekuni ilmu kepelatihan disana. (dpp)