Khoiful Ajit atau yang lebih dikenal sebagai Muhammad Ajid adalah nama salah satu striker utama Persebaya Surabaya di dua kompetisi awal Liga Dunhill. Yakni musim 1994/95 dan musim 1995/96. Duetnya dengan Dodik Suprayogi di musim 1994/95 tentu masih melekat diingatan para pendukung Persebaya Surabaya

Pemain asal Malang ini sebelumnya tercatat sebagai pemain klub PS Kedawung Setia Indonesia (PS KSI), klub anggota kompetisi internal Persebaya Surabaya yang diketuai oleh H. Soeroso Mangunsubroto.

Sebagai seorang penyerang, Ajid memiliki karakter bermain yang ngeyel dan ngosek. Salah satu yang penulis ingat adalah aksi gol sundulannya ke gawang PSM Makassar di salah satu partai kandang Persebaya di Liga Dunhill I 1994/95. Gol ini menggenapi kemenangan 3-2 Persebaya atas seteru klasiknya itu.

Saat Persebaya Surabaya menjamu PSV Eindhoven di awal tahun 1996 yang lalu, pemain bernomor punggung sembilan ini juga ikut bermain selama setengah babak. Duetnya waktu itu dengan superstar asal Kamerun, Roger Milla, yang dipinjam sementara oleh Tim Bajul Ijo. Di pertandingan persahabatan ini, Ajid mencetak satu gol ke gawang Ronald Waterreus di menit ke-63.

Ada yang ingat dengan Arek Kepanjen ini saat bersama Persebaya Surabaya? (dpp)