Luciano Lacerda da Silva adalah playmaker Persebaya Surabaya di Liga Indonesia IV 1997/98. Kedatangannya sebagai pengganti rekan senegaranya Carlos de Mello yang hengkang ke klub Pelita Jaya Jakarta. Mantan pemain FC Vasco Da Gama (Brazil) ini di Persebaya memakai kostum bernomor punggung 23.

Debutnya dimulai pada tanggal 16 November 1997 dengan hasil imbang 0-0 melawan tim tamu Arema Malang di partai pembuka Liga Indonesia IV. Sedangkan gol debutnya dicatatkan pada tanggal 1 April 1998 ketika menang 2-1 atas Persikabo Kab. Bogor.

Sayang kompetisi ketika itu harus berhenti karena alasan keamanan dan krisis moneter yang mendera Indonesia. Padahal peluang Persebaya mempertahankan gelar juara cukup terbuka karena selain masih diperkuat mayoritas pemain-pemain musim sebelumnya, Tim Bajul Ijo juga kokoh bertengger di puncak klasemen sementara Grup Wilayah Barat.

Namun pada akhirnya rasa penasaran Luciano Lacerda akan gelar juara Liga Indonesia bisa terpuaskan saat memperkuat Petrokimia Putra Gresik di Liga Bank Mandiri Indonesia VIII 2002. Ketika itu klub asal Kota Pudak ini menang 2-1 atas Persita Tangerang di partai final. (dpp)