Bakhuys bersama FC Metz (Arsip Istimewa)

Elisa Hendrik “Beb” Bakhuys adalah pemain Indo-Belanda kelahiran Pekalongan, Jawa Tengah, Hindia-Belanda yang dilahirkan pada tanggal 16 April 1909. Dan menemui ajalnya di Kota Den-Haag pada tanggal 7 Juli 1982. Beb Bakhuys dibesarkan di Kota Surabaya. Karena kedua orang tuanya pindah kerja di kota ini. Seperti diketahui bersama, olahraga Sepak Bola ini mulai berkembang di Kota Surabaya pada tahun 1894. Ditandai dengan berdirinya klub Victoria yang berdiri pada tanggal 1 September 1894.

Bakhuys muda menempuh pendidikan formalnya di Hogere Burger School (H.B.S.) Soerabaia. Kebetulan H.B.S. juga memiliki klub Sepak Bola dan menjadi anggota kompetisi internal klub Soerabaiasche Voetball Bond (S.V.B.). Disini Bakhuys mulai mengenal olah raga mengolah si kulit bundar ini. Tak lama setelah lulus sekolah, Beb Bakhuys diterima bekerja di Bataafsche Petroleum Maatschappij (BPM) yang berkantor di Societiet Straat. Selain bekerja, hobi bermain Sepak Bolanya masih bisa disalurkan. Karena BPM ikut berkompetisi diantara kantor-kantor di Surabaya yang tergabung dalam Soerabaiasche Voetball Kantoren Bond (SKVB).

Di tahun 1931, Beb Bakhuys mengiyakan tawaran bergabung dengan klub Tot Heil Onzer Ribbenkast  atau lazim disingkat dengan nama THOR. Klub ini merupakan klub internal kompetisi SVB. Bersama THOR (dan SVB) nama Beb Bakhuys semakin melambung sebagai penyerang haus gol. Dengan tinggi badan 181 cm, Beb Bakhuys dikenal dengan sundulan kepala yang mematikan dan tendangan keras. Dirinya mulai dipanggil memperkuat Tim Nasional Belanda pada tahun 1928. Puncaknya terjadi di tahun 1934, dengan terpilih memperkuat Belanda di ajang Piala Dunia kedua yang diselenggarakan di Italia. Bakhuys mengakhiri karirnya di Tim nasional Belanda pada tahun 1937 dengan catatan 28 gol dari 23 pertandingan.

Catatan khusus lainnya adalah di tahun 1937 Beb Bakhuys menjadi pemain Belanda kedua yang berkompetisi di luar negeri setelah kiper Gerrit Keizer. Saat itu Beb Bakhuys memutuskan bermain untuk FC Metz (Prancis) setelah sebelumnya bermain untuk VVV Venlo di Belanda. (dpp)