Para Pemain Persebaya Merayakan Gol Pahabol (arsip Jawa Pos)

Sepanjang sejarah klub Persebaya Surabaya yang berdiri sejak tanggal 18 Juni 1927 ini ternyata baru dua kali mengikuti turnamen bertajuk Piala Presiden. Yang pertama adalah turnamen Piala Presiden ke-3 yang diadakan di tahun 2018 silam. Saat itu Persebaya Surabaya ditunjuk sebagai tuan rumah dan tergabung di Grup C bersama dengan PS TNI, Perseru Serui dan Madura United.

Pertandingan debut Tim Bajul Ijo di ajang perdananya ini adalah melawan PS TNI pada tanggal 18 Januari 2018. Di laga pembuka ini, Persebaya Surabaya harus puas dengan hasil imbang 1-1 dan bermain dengan kekuatan sepuluh orang pemain sejak meit ke-15 setelah kiper Miswar Saputra di hukum kartu merah oleh wasit karena dengan sengaja memegang bola di luar petak penalti.

Rendi Irwan dkk bahkan harus tertinggal terlebih dahulu di menit ke-68 melalui sontekan jarak dekat Manahati Lestusen. Beruntung Persebaya mampu menyamakan kedudukan melalui tendangan keras pemain barunya asal Yahukimo, Papua yang bernama Ferinando Pahabol.

Gol penyeimbang dari pemain bernomor punggung 11 ini merupakan gol perdana Persebaya Surabaya di ajang Piala Presiden. (dpp)