Ilustrasi Skor Ketika Itu

Pada hari ini 65 tahun silam, Persibaja Surabaja kedatangan tamu jauh. Kali ini yang bertandang adalah klub South China AA asal Hongkong. Klub ini mengadakan latih tanding ke Indonesia sebelum bertolak ke Australia. Perlu diketahui bahwa klub berjuluk “Shaolin Temple” ini adalah salah satu klub sepak bola tertua di Benua Asia. Karena berdiri pada tahun 1910.

Kesebelasan ini datang ke Surabaya dengan titel Juara Nasional Hong Kong 1952-53. Materi pemain mereka merupakan pemain-pemain terbaik di Hong Kong. Salah satunya adalah kiper Pau King Yin.

Pertandingan kedua kesebelasan ini sendiri disaksikan oleh 15.000 pasang mata. Jumlah yang luar biasa untuk ukuran tahun itu. Laga berjalan seimbang dan seru. Jual beli serangan rutin berlangsung. Penyerang South China AA membobol gawang Persibaja dahulu di menit ke-11. Namun in tak bertahan lama, Saderan membalas di menit ke-21 dan membuat kedudukan imbang 1-1 bertahan hingga turun minum. Pada akhirnya pertandingan usai dengan kedudukan 2-3 untuk keunggulan tim tamu. Persibaja mencetak gol kedua lagi-lagi melalui kaki Saderan.

Ketika bertanding di Stadion Tambaksari, Surabaya para pemain dan pelatih South China AA terheran-heran karena ada bibit-bibt pohon tumbuh diantara tribun penonton. Yah belum tahu dia ? Hehehehe.. (dpp)