Jacksen F Tiago. Foto: Barry Widjaja

Rekor mencetak gol dalam semusim Penyerang asal Brazil, Jacksen F. Tiago (JFT) bersama Persebaya Surabaya ternyata belum terpecahkan hingga saat ini (tahun 2018).

Pemain asing paling terkenal di seantero Surabaya ini mencetak 26 gol sepanjang perjalanan kompetisi Liga Kansas musim 1996/97. Catatan ini membuat dirinya mendapat predikat “Penyerang Asing Tersubur Sepanjang Masa di Persebaya Surabaya”. Setidaknya hingga saat ini.

Dari 26 gol tersebut beberapa dicetaknya melalui cara-cara yang unik dan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Pembaca tentu masih ingat gol akrobatik bicycle kick pemain bernomor punggung 18 ini bukan ? Dua kali JFT mencetak gol dengan cara seperti ini. Satu gol tatkala melawan Bandung Raya di Surabaya yang berkesudahan 3-0 untuk kemenangan Tim Bajul Ijo. Dan satu gol lagi diceploskan ke gawang Ansar Abdullah, penjaga gawang PSM Makassar, di partai semifinal yang berakhir 3-2 untuk keunggulan Green Force.

Gol pertama pemain yang akrab menyapa suporter dengan panggilan Big Man ini bersama Persebaya Surabaya adalah ketika melawan Persijatim pada tanggal 17 November 1996 di menit ke-24 di Stadion Bea Cukai, Rawamangun, Jakarta Timur di laga perdana Persebaya Surabaya mengawali kampanye Liga Kansas musim 1996/97. Gol ini terjadi setelah Jacksen mampu memaksimalkan umpan terobosan yang dilepaskan oleh Yusuf Ekodono. Hasil akhir pertandingan ini adalah 4-1 untuk keunggulan tim tamu Persebaya Surabaya.

Sedangkan gol ke-26 pemain penyuka kuliner Rawon ini bersama Tim Bajul Ijo di musim ini dicetak saat partai final menghadapi Mastrans Bandung Raya di Stadion Utama Senayan pada tanggal 28 Juli 1997. Jacksen mencetak gol kedua Persebaya di menit ke-60 setelah memanfaatkan umpan silang dari sayap kiri nan lincah, Aji Santoso. Hasil akhir pertandingan ini 3-1 untuk kemenangan gemilang Arek-Arek Bajul Ijo.

Kapan ya kira-kira Persebaya Surabaya punya striker setajam dan sebuas Jacksen lagi ya? (dpp)

*Disarikan dari Persebaya And Them: Jejak Legiun Asing Tim Bajul Ijo