Musim 2009/10 tentu begitu membekas bagi para pendukung Persebaya Surabaya. Bak roller coaster, pada musim itu Green Force begitu terombang-ambing hingga pada akhir musim ‘dipaksa’ turun kasta akibat serangkaian kejadian ganjil yang begitu memberatkan Persebaya.

Mengingat kembali jersey Diadora yang menjadi sponsor apparel resmi saat itu. Persebaya memiliki 3 varian jersey pemain, home hijau, away putih, dan third hitam dan juga 3 varian jersey kiper dengan alternatif warna kuning, hitam, dan hijau.

Ada 2 sponsor yang dikenakan pada musim tersebut yakni AIM Biscuit untuk kompetisi ISL dan Bank Windu untuk kompetisi Piala Indonesia.

Adapun catatan lain yang menjadi kenangan tersendiri, di musim 2009/10 merupakan musim terakhir sang legenda, Anang Ma’ruf membela Bajoel Ijo. Yang mana ia juga sempat mengalami cedera parah dislokasi siku saat pertandingan melawan Persitara Jakarta Utara, akibat tekel keras dari Sutikno.

Salah satu jersey yang sangat iconic dan bisa dikatakan sebagai saksi bisu cikal bakal era resistensi Persebaya Surabaya berdampingan dengan Bonek melawan PSSI. (*)