Tahukah Anda siapa pencetak gol tercepat Persebaya sepanjang masa saat berkompetisi di kompetisi kasta teratas Liga Indonesia? Ia adalah Winarno, pemain alumnus kompetisi internal Persebaya dengan klubnya Suryanaga. Arek Suroboyo asli asal Jojoran Gang 2 ini lahir pada 20 November 1970. Mulai bermain di tim Persebaya Surabaya sejak tahun 1990. Saat itu dirinya bergabung dengan Tim Green Force 3 bersama dengan Hartono, salah satu bek kanan Persebaya Surabaya yang terkenal akan lemparan kedalamnya yang sangat jauh.

Pemain bertubuh mungil dan memakai nomor punggung 12 ini membuka skor dan mencetak golnya di detik ke-25 pada saat Persebaya bertandang ke kandang Persipura pada lanjutan kompetisi Liga Dunhill I musim 1994-95. Kala itu tim Bajul ijo mampu menaklukan tim tuan rumah dengan skor 3-5 (1-1).  Gol-gol lain anak asuhan trio pelatih Mudayat, Tabrian D.S, dan Setyo Kusmedi ini dicetak oleh Yusuf Ekodono, Ibnu Grahan, Ahmad Said dan Dodik Suprayogi.

Seingat Mbah Win, panggilan akrab dari Winarno, saat itu baru saja dilakukan kick off oleh Ibnu Grahan dan Dodik Suprayogi. Kemudian ia berlari menembus pertahanan Persipura  yang ketika itu dikomandoi oleh Aples Gideon Tecuari yang tampaknya belum siap. Menerima umpan lambung terarah dari Yusuf Ekodono, Winarno kemudian mengejar bola tersebut untuk kemudian diceploskan ke gawang Fison Meraudje.

Karir Winarno bersama Persebaya Surabaya berakhir di Liga Dunhill I Musim 1994-95. Musim berikutnya Mbah Win bergabung dengan Persema Malang yang ditangani oleh Pelatih Drs. Rohanda.

*) Sumber: Novan Media Research dan Pengamat Sejarah Persebaya