Ilustrasi: Arya

Pria asli Wilayut, Sukodono, Sidoarjo kelahiran 6 September 1977 ini cukup lama memperkuat Persebaya. Untuk level tim senior, Uston sendiri cukup lama memperkuat Tim Bajul Ijo. Mulai dari direkrut oleh (alm) Rusdy Bahalwan di Tahun 1996 hingga kemudian pindah ke PSPS Pekanbaru menjelang Liga Bank Mandiri IX Tahun 2002. Pemain berjulukan “Super Uston” ini kembali ke Surabaya pada Tahun 2004 hingga Tahun 2007.

Debut Uston Nawawi bersama Persebaya Surabaya terjadi pada tanggal 17 November 1996 di laga perdana Liga Kansas 1996/97 saat melawat ke Bekasi melawan Tuan Rumah Persijatim Jakarta Timur.

Banyak prestasi yang diukir oleh Uston Nawawi bersama Persebaya. Diantaranya turut membawa Green Force menjuarai Liga Kansas Musim 1996-1997, menjadi kampiun Liga Bank Mandiri X Tahun 2004 dan membawa Persebaya Surabaya promosi ke Kompetisi Divisi Utama Tahun 2007 setelah menjadi Juara Divisi Satu Tahun 2006.

Uston Nawawi muda pernah memperkuat Persebaya Junior di Turnamen Liga Remaja secara berurutan pada tahun 1992 hingga 1995. Bakatnya tercium oleh pemandu bakat dari PSSI untuk kemudian dapat mengikuti seleksi Tim PSSI Baretti di Sawangan, Depok. Lolos dari seleksi ini, Uston berkesempatan digembleng di Italia selama setahun oleh beberapa pelatih-pelatih kenamaan. Contohnya oleh Tord Grip, Sven Goran Eriksson dan Danurwindo.

Pada akhirnya di kemudian hari, Uston Nawawi menjadi andalan di Timnas Indonesia. Mulai sejak era kepelatihan Henk Wullems di SEA Games 1997 hingga terakhir memperkuat Tim Garuda di ajang Piala Tiger 2000 di bawah asuhan pelatih Nandar Iskandar. Catatan pribadi dirinya bersama Tim Nasional Indonesia adalah 48 kali bermain dengan capaian jumlah gol sebanyak 14 gol.

Tapi tahukah Anda bahwa Uston Nawawi ternyata tercatat sebagai pencetak gol terbanyak Persebaya Surabaya sepanjang masa ? Pria yang menghabiskan karir juniornya di Lapangan Klagen, Sukodono, Sidoarjo ini telah mencetak 63 gol selama 165 kali penampilannya bersama Tim Bajul Ijo.

Gol debut “Super Uston” terjadi pada tanggal 18 Juni 1997 saat Persebaya Surabaya tampil digdaya menang 7-0 melawan Persikab Kabupaten Bandung dihadapan para pendukungnya dalam lanjutan Kompetisi Liga Kansas 1996/97.Di pertandingan ini Uston Nawawi membuktikan kualitasnya dengan mencetak “hat-trick” pada menit ke-7, ke-39 dan ke-80.

Kelebihan dari Uston Nawawi adalah kemampuanya mencetak gol dari tendangan bebas, tendangan penalti dan beberapa skema penyerangan open play. Dari catatan tersebit menunjukkan pencapaian yang istimewa bagi pemain yang berposisi sebagai pemain tengah ini.

Karir selanjutnya, Uston Nawawi ditunjuk untuk menjadi nahkoda dari Tim Persebaya U-19. Sukses selalu coach Uston!

*) Sumber: Data Dhionpp