Ilustrasi: Arya

Patricio Eliseo Morales Gaete begitu nama panjang pemain depan berpaspor Chili ini. Dilahirkan pada 13 September 1977 di Kota Concepción, sebuah kota berjarak 500 kilometer selatan Santiago, Ibu kota Chili, Amerika Selatan.

Merumput pertama kali di Indonesia pada tahun 2007 bersama klub Divisi Utama Arema Malang. Karirnya di Malang cukup baik dan berkesan dengan catatan 17 gol. Pamor sebagai striker kidal dan mematikan terus dilanjutkan olehnya ketika bermain di Kediri bersama klub Persik Kediri.

Di pentas Indonesia Super League 2009-2010, Persebaya Surabaya mengontrak pemain asal Kamerun bernama Ngon A Djam. Namun karena cedera parah yang dideritanya tatkala melawan Persitara Jakarta Utara di Jakarta membuat Ngon A Djam harus beristirahat lama dan rela di putus kontraknya oleh pengurus Persebaya Surabaya. Posisi striker asing  yang lowong inilah yang kemudian diisi oleh Pato Morales.

Tahukah Anda? Jika Pato, panggilan akrab Patricio Morales adalah pemain yang mencetak gol ke-600 Persebaya Surabaya di Liga Indonesia lho!!!

Striker bernomor punggung 31 ini mencatatkan namanya ke dalam lembaran sejarah Persebaya Surabaya ketika mencetak gol kedua Tim Bajul Ijo tatkala menghancurkan Persitara Jakarata Utara 3-2 dalam lanjutan Indonesia Super League 2009/2010 tanggal 13 April 2010. Gol Persebaya lainnya dicetak oleh dwigol Andi Odang. (dpp)

*Penulis adalah writepreneur dan penggila Persebaya Surabaya.