Siapa Arek Bonek yang tak kenal dengan nama Pablo Rojas ? Ya pemain asal Santago, Chili ini memang menjadi pujaan Bonek saat memperkuat Persebaya Surabaya di Divisi Utama Liga Djarum 2007. Pria bertinggi 173 cm ini memiliki skill serta naluri gol yang tinggi sehingga mempunyai semua atribut agar bisa menjadi sosok kecintaan publik bola Surabaya. Mulai dari teknik juggling yang diperagakannya ketika bertanding hingga proses selebrasi pasca mencetak gol yang selalu menggunakan topeng berwarna hijau. Hampir mirip dengan kompatriot pendahulunya di Persebaya, Christian Carassco yang mempunyai kebiasaan memakai topeng Spider Man.

Sayang karir Rojas hanya setengah musim saja bersama Tim Bajul Ijo. Dia harus menepi dan dicoret dari tim karena cedera parah yang dideritanya.

Tetapi tahukah Anda kalau Pablo Rojas tercatat sebagai pencetak gol ke-500 Persebaya Surabaya sepanjang bermain di Liga Indonesia ?

Pemain bernomor punggung 30 ini mencetak gol milestone Persebaya Surabaya saat berhadapan dengan tamunya Persma Manado di Stadion Gelora 10 November, Tambaksari, Surabaya pada tanggal 18 Agustus 2007. Hasil akhir pertandingan ini adalah 3-2 untuk keunggulan Green Force. Gol-gol Persebaya dicetak oleh Mat Halil di menit ke-13, Pablo Rojas di menit ke-17 dan tendangan penalti menit ke-59. Dan gol ke-500 Persebaya oleh Pablo Rojas ini tercatat terjadi melalui tendangan penalti di menit ke-59 tersebut. (dpp)