Ilustrasi: Arya

Mat Halil. Sebuah nama yang mudah diingat dan tak mudah dilupakan bagi penggemar setia Persebaya, Bonek. Pemilik klub internal El Faza yang berkompetisi di Kompetisi Internal Persebaya ini sudah memperkuat Tim Bajul Ijo sejak 1999. Tahun di mana pengurus tim waktu itu mengambil kebijakan untuk meremajakan skuat Persebaya. Saat itu setelah hanya menjadi runner-up kompetisi sebelumnya, banyak pemain-pemain inti Persebaya hengkang ke klub lain. Mat Halil muda menempati posisi yang ditinggalkan oleh kapten karismatik, Aji Santoso, yakni bek sayap kiri.

Pemain kelahiran Sidoarjo, 3 Juli 1979 ini sempat pula diposisikan sebagai penyerang oleh pelatih Rusdy Bahalwan pada musim kompetisi 2001-2002. Kelak di kemudian hari, oleh pelatih Divaldo Alves yang menukangi Persebaya Surabaya di kompetisi Indonesia Premier League 2011-2012, Mat Halil lebih sering berposisi sebagai penyerang sayap.

Pemain yang juga rendah hati ini memang berprestasi sejak level junior. Prestasinya bersama Tim PON 2000 Jatim diganjar medali emas. Sedangkan bersama Persebaya jangan ditanya prestasinya. Beberapa kali dirinya mengangkat piala kampiun bersama tim berjuluk Green Force ini. Juara Divisi 1 tahun 2003 dan 2006. Serta kampiun Liga Bank Mandiri X tahun 2004 menjadi catatan yang emas dirinya.

Karir panjang Mat Halil di Persebaya ditambah tanpa cela membuatnya menjadi salah satu legenda hidup Persebaya. Halil membela panji Persebaya dari 1999 hingga 2013. Sempat bermain bersama Persida Sidoarjo di tahun 2014, karir Mat Halil berlanjut kembali bersama Persebaya di periode perlawanan Persebaya (dan Bonek) melawan federasi pada 2014 hingga akhirnya bisa bertanding di kompetisi resmi Liga 2 di tahun 2017.

Sayang seribu sayang, karir Mat Halil harus berakhir sebelum Liga 2 berjalan. Bukan karena cedera, tetapi karena regulasi yang dikeluarkan oleh federasi bahwa usia maksimal pemain senior adalah 35 tahun. Sedangkan usia Mat Halil waktu itu sudah 37 tahun. Tak banyak protes keluar dari pemain kalem ini.

Sehat selalu Abah Halil. Sukses bersama El Faza! (dpp)