Ilustrasi: Arya

Persebaya memang nampaknya berjodoh dengan Kapal Api. Kali pertama di musim 2006 produsen kopi kemasan asal Surabaya itu menjadi sponsor utama Persebaya Surabaya mengarungi Divisi 1 Liga Indonesia.

Dan hasilnya? Persebaya berhasil bablas menjadi kampiun musim tersebut setelah mengalahkan Persis Solo di Stadion Brawijaya Kediri dengan sepasang gol dari duo Ariyanto (Nova Ariyanto pada menit 41 dan own goal Denny Ariyanto pada menit 64). Gelar yang sangat penting mengingat Bajoel Ijo yang disanksi turun kasta karena mengundurkan diri dari gelaran 8 besar Divisi Utama 2005.

Selang satu dekade berikutnya, mengawali wajah baru Persebaya yang diakuisisi Jawa Pos Group setelah terpuruk kurang lebih selama empat Tahun akibat dualisme. Persebaya kembali ke kompetisi resmi PSSI sebagai “anak hilang” dan juga memulai dari kasta kedua, kali ini bernama Liga 2 di musim 2017. Cukup kebetulan, sponsor utama yang digandeng adalah Kapal Api. Kembali bertengger di bagian dada jersey Persebaya Surabaya. Dan hasilnya, lagi-lagi Persebaya Surabaya berhasil menjadi juara Liga 2 musim 2017 setelah di final berhasil mengandaskan perlawanan PSMS Medan dengan skor 3-2 (Gol dicetak oleh Rishadi Fauzi dan dua gol lainnya oleh Irfan Jaya) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Di musim 2018, Persebaya yang berkompetisi di Liga 1 kembali melanjutkan kerjasama suksesnya dengan Kapal Api. Sepertinya kedua brand ini memang (semoga) berjodoh soal kerjasama di momen bersejarah dan menuai prestasi. (*)