Pemain tengah asal Brazil, Danilo Fernando adalah pencetak gol ke-400 Persebaya Surabaya di Liga Indonesia. Pria kelahiran Rio de Jainero, Brazil pada tanggal 8 Juni 1979 ini mencatatkan namanya dalam sejarah Persebaya Surabaya tatkala mencetak gol pamungkas penentu kemenangan di partai yang mempertemukan antara tuan rumah Persebaya Surabaya melawan PSPS Pekanbaru. Hasil pertandingan ini berakhir dengan skor 3-2 untuk keunggulan Green Force.

Persebaya Surabaya sempat unggul dahulu 2-0 melalui gol yang dicetak oleh Christian “Spiderman” Carrasco di menit ke-8 dan tendangan penalti Danilo pada menit ke-33. Sebelum akhirnya defisit gol ini dapat diperkecil oleh Tim Askar Bertuah melalui sundulan bomber asal Brazil, Christiano, menit ke-49 sebelum akhirnya Amrizal menyamakan kedudukan di menit ke-53.

Danilo Fernando muncul sebagai penentu kemenangan Tim Bajul Ijo saat dirinya mampu memanfaatkan umpan silang yang dilepaskan oleh Mat Halil dengan sundulan ke tiang dekat gawang PSPS Pekanbaru dimenit ke-78. (dpp)

*Arsip pribadi dan Pemerhati Sejarah Persebaya (PSP)