Ilustrasi: Arya

Sesaat malam datang
Menjemput kesendirianku
Dan bila pagi datang
Kutahu kau tak disampingku
Aku masih disini untuk setia

Sepenggal lirik lagu Setia yang dibawakan oleh grup musik Jikustik ini sepertinya cocok untuk menilai karir pemain ini bersama Persebaya. Apa pun yang terjadi, Persebaya  selalu dalam hatinya.

Nah sekarang, siapa tak kenal dengan sosok yang ramah ini? Namanya melegenda di seantero penggemar Persebaya yang juga lazim dikenal sebagai Bonek. Ya dia adalah Mursyid Effendi. Arek Benowo kelahiran 23 April 1972 menjadi figur yang mudah dikenali di dalam dan di luar lapangan.

Karir panjang Cak Kimung, panggilan akrab Mursyid Effendi, bersama Persebaya di mulai di Liga Dunhill I musim 1994-1995. Saat itu Cak Kimung lolos seleksi untuk memperkuat tim Persebaya  yang akan berlaga di kompetisi profesional perdana di Indonesia gabungan antara Kompetisi Perserikatan dan Kompetisi Galatama.

Meskipun Persebaya berganta-ganti pelatih di kompetisi setelahnya. Nama Mursyid Effendi selalu ada dalam tim. Mulai dari trio pelatih Tim Bajul Ijo. Yakni Mudayat, Tabrian D.S., dan Setyo Kusmedi hingga terakhir dilatih oleh Ibnu Grahan, kontribusi Mursyid selalu dinantikan .

Posisinya sebagai stopper seakan tak tergantikan. Bahkan dirinya pernah dipanggil memperkuat Timnas Indonesia pada gelaran Piala Tiger 1998 di Vietnam. Saat itu timnas dilatih oleh Rusdy Bahalwan. Pelatih yang juga pernah melatih Mursyid Effendi di Persebaya Surabaya dan Tim Sepak Bola PON XIV Jatim.

Secara statistik, Mursyid Effendi pernah memperkuat Persebaya sebanyak 13 musim (tahun) tanpa henti. Terhitung mulai tahun 1994 hingga tahun 2007.  Dan total penampilan sebanyak 262 pertandingan serta raihan gol sebanyak 7 gol.

Prestasinya bersama tim kebanggaan Arek-Arek Suroboyo ini adalah dua kali kampiun Liga Indonesia di tahun 1997 dan tahun 2004. Serta dua kali membawa Green Force menjuarai Kompetisi Divisi Satu Liga Indonesia dan berhak promosi ke Divisi Utama Liga Indonesia di tahun 2003 dan 2006.

Mursyid Effendi juga memiliki akademi futsal yang bernama Mursyid Effendi 6 Futsal Academy (ME6FA) yang berlokasi di Benowo, Surabaya.

Saat ini Mursyid Effendi menjadi pelatih Persiga Trenggalek dibantu oleh koleganya Khairil Anwar Ohorella sebagai asisten pelatih. Bukan tidak mungkin suatu ketika Mursyid Effendi bakal melatih Persebaya.

Sehat dan sukses selalu Cak Kaji Kimung!

*) Sumber: Pemerhati Sejarah Persebaya